Kandungan gizi dan jenis makanan fermentasi

Kandungan gizi dan jenis makanan fermentasi



Anda pasti pernah mendengar bahwa dalam memasak sayuran, kita tak bisa memasaknya terlampau masak lantaran bisa kurangi kandungan vitamin serta zat gizi yang utama dalam sayuran. Bila memanglah sekian ada, bagaimanakah dengan makanan fermentasi? Apakah kandungan gizi pada makanan fermentasi bakal hilang atau juicetr u jadi tambah lantaran pemrosesannya?

Pertanyaan ini pasti kerap terlintas di kepala beberapa orang. Makanan fermentasi memanglah mempunyai kelebihan sendiri. Makanan ini memanglah alami banyak pergantian, dari mulai rasa, bentuk serta penampakan yg tidak fresh. Hingga lumrah bila pertanyaan itu pernah terlintas dalam pikiran orang. Walau sebenarnya makanan fermentasi nyatanya tak alami penurunan zat gizi, cuma ada pergantian zat gizi saja. Terdapat banyak makanan fermentasi bahkan juga jadi makin bergizi dari pada bahan makanan aslinya.
Sebagian jenis makanan serta minuman fermentasi

Makanan serta minuman hasil fermentasi adalah hal yang bisa kita jumpai di orang-orang umum. Tersebut disini sebagian type makanan serta minuman fermentasi yg tidak asing lagi, salah satunya :

Makanan fermentasi – tempe

tempe

Makanan fermentasi yang terbuat dari kacang kedelai serta difermentasi memakai jamur rizhopus ini yaitu makanan dengan kandungan gizi yang tinggi. Tempe memiliki kandungan protein tnggi, radikal bebas, serta kalori. Manfaat tempe untuk kesehatan diantaranya yaitu menghalangi penuaan, pencegah jantung koroner, kanker serta diabetes. Diluar itu tempe juga memiliki kandungan antibakteri pemicu diare dan turunkan cholesterol dalam darah. Di Indonesia, tempe adalah makanan rakyat di mana harga nya cukup terjangkau tetapi bergizi tinggi. Tempe gampang diolah dari pada bahan aslinya, yaitu kedelai.

Makanan fermentasi – yoghurt

yoghurt

Yoghurt yaitu makanan fermentasi yang di buat dari susu. Yoghurt kerap dikatakan sebagai susu asam. Susu yang difermentasi ini mempunyai bau yang khas lantaran sistem fermentasi gula susu atau laktosa yang lalu jadi asam laktat. Sistem ini mengakibatkan protein dalam susu menggumpal jadi sejenis jel. Yoghurt kaya protein, vitamin B serta mineral. Lemak dalam yoghurt mempunyai jumlah yang sama juga dengan lemak pada susu bahan fermentasinya. Yoghurt mempunyai faedah diantaranya memperlancar pencernaan serta hindari kanker usus.

Makanan fermentasi – kimchi

kimchi

Kimchi yaitu makanan fermentasi yang datang dari Korea serta China. Asinan sayur serta lobak khas ini di buat lewat sistem fermentasi dengan memakai bakteri laktobasilus yang juga dipakai dalam pembuatan yoghurt, keju, bir, anggur, cuka serta cokelat. Sayuran kimchi biasanya yaitu sawi putih serta lobak yang di beri garam lantas dicuci. Setelah itu kimchi bakal diolah dengan kecap ikan, bawang putih, udang, cabai serta jahe. Kimchi sangatlah baik untuk pencernaan, oleh karenanya jadi santapan khas orang Korea serta China keseharian.

Sekian sebagian makanan fermentasi yang kami ulas di sini. Sesungguhnya masih tetap sangat banyak makanan serta minuman fermentasi yang ada didunia ini. Masih tetap ada oncom, tape, brem, tuak, serta lain-lainnya. Semoga artikel singkat kami ini berguna.

0 Response to "Kandungan gizi dan jenis makanan fermentasi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef